Bagaimana Membuat Blog Yang Isinya Tentang Diri Sendiri

indrabel.com - Tahun baru bulan baru begitu juga postingan yang baru. Selamat Natal (bagi yang merayakan) dan selamat tahun baru 2017 bagi semuanya. Kali ini saya akan share kepada anda kira-kira langkah apa saja yang dibutuhkan ketika membuat sebuah blog yang isinya mengenai kehidupan anda sehari-hari atau cerita pendek tentang diri sendiri.

Anda harus mempelajari bagaimana caranya ngeblog tanpa membuat anda sakit kepala memikirkan isi konten blog anda. Ngeblog adalah hal yang sangat menyenangkan jika anda melakukannya dengan cara yang benar, dan juga menguntungkan loh. Saya sering melihat orang-orang menulis posting blog yang tidak benar yang mematikan audiens mereka. Saya pun sebelumnya mengalami hal yang sama seperti itu (hingga saat ini, hehe).


Mengapa Ngeblog Itu Menyenangkan?
Ya, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa semakin banyak orang yang melompat ke dalam dunia blogging. Nah, mereka ingin mengekspresikan diri sekaligus mendapatkan uang dari jerih payah mereka mengekspresikan diri. Bukankah itu sungguh mengagumkan? Tentu saja. Sayangnya, sebagian besar blogger gagal untuk mendapatkan pendapatan yang maksimal setelah bertahun-tahun mereka telah konsisten ngeblog.

Bagian yang sulit untuk menghasilkan uang melalui blogging adalah "teknik" yang digunakan untuk menguangkan pembaca anda. Tapi jangan khawatir, Anda masih dapat menikmati konten yang membahas tentang diri anda ketika anda melakukan teknik ini. Baiklah, berikut langkah-langkahnya.

Langkah Membuat Blog Yang Isinya Tentang Diri Sendiri
Pertama-tama, Anda harus rileks ketika menulis artikel. Saya tahu ini kedengarannya agak aneh, tapi percayalah.. mengontrol napas saat menulis akan membuat pikiran menjadi segar. Baik. Hanya ada 5 langkah yang perlu untuk membuat postingan blog pribadi:

Langkah # 1: Ketahui Siapa Audiens Anda
Ini adalah langkah yang sangat penting. Jika anda ingin memulai blogging, anda perlu memahami audiens anda. Memilih kelompok yang salah dari orang-orang dapat membuang waktu anda dalam menulis konten.

Anda tidak ingin membahas tentang memasak ketika pembaca anda mengharapkan tentang berolahraga kan? Jadi mulai sekarang rencakan tentang apa isi blog anda.

Saya ingin anda untuk memilih sekelompok orang yang termotivasi dengan kepribadian anda. Apakah seorang gamer? seorang pengusaha? atau olahragawan? Pastikan anda mengetahui passion anda sama halnya dengan yang pembaca lakukan. Selain itu, mulai fokus pada topik yang sama.

Langkah # 2: Kisah Yang Original
JANGAN membuat atau mengarang cerita. Hanya menulis anda dapat mengingat insiden yang tepat terjadi hari ini atau kemarin. Pada dasarnya anda berbagi pengalaman masa lalu anda dengan audiens. Hal ini akan memicu apa yang disebut "Human Connection", anda dapat memiliki ikatan dengan para audiens dengan cerita anda. Lucu, tetapi itulah yang sebenarnya!

Saya melihat banyak blogger yang memalsukan kisah mereka. Orang-orang ini tidak akan berlangsung lama atau tidak konsisten. Mereka akan mengalami kesulitan ketika hendak menulis. Karena tidak natural. Bahkan kecepatan mengetik turun drastis karena banyak berpikir dan akhirnya menjadi sakit kepala. Jadi buatlah cerita pendek tentang diri sendiri.

Langkah # 3: Berikan Apa Yang Pembaca Inginkan
Banyak blogger sukses karena tahu apa yang diinginkan oleh pengunjung mereka. Mereka mampu membaca pikiran para pembaca. Adanya permainan psikologis terjadi disini. Ya, hal ini dapat sangat berguna.

Langkah # 4: Mintalah Untuk Sharing Artikel dan Komentar 
Langkah ini sering dilupakan oleh banyak blogger. Anda harus meminta pembaca untuk berbagi posting blog yang baru saja anda buat ke medsos, contoh facebook. Selain itu dorong mereka untuk berkomentar juga. Jika anda melakukan itu, bukan hanya sekedar mencapai audiens yang lebih, tetapi anda juga dapat membangun hubungan yang baik dengan mereka.

Pastikan untuk memiliki Social Media Plugin dalam blog anda. Misalnya saja plugin facebook fan page. Hal ini akan memungkinkan pengunjung anda untuk berbagi dengan mudah di profil sosial mereka. Dan juga, anda jangan lupa untuk membalas komentar mereka satu-per-satu. Bukan hanya mengucapkan terima kasih tetapi jika bisa jawaban yang lebih mendalam lagi.

Langkah # 5: Sebutkan Nama Anda di Akhir Artikel
Yang saya maksud disini adalah, anda perlu menyebutkan nama anda di akhir setiap artikel ketika anda membuatnya. Sama seperti menulis surat. Jika bagi saya, saya ketik seperti ini:

Teman Blogger,
indrabel.com (nama saya)

Anda dapat membuatnya sesuai gaya anda sendiri apa pun yang penting berhubungan ke topik Anda.

Point Penting Untuk Anda Ingat
Kenali audiens anda, asli, memberikan apa yang mereka inginkan, meminta keterlibatan dan berakhir dengan tanda tangan manis anda. Mereka adalah point kunci yang kuat bagi anda untuk membuat posting blog tentang diri anda. Pembaca anda akan mengingat pengalaman unik yang mereka rasakan dalam blog anda. Sekian dan semoga bermanfaat.

Punya tanggapan berbeda tentang artikel ini? Silahkan bagikan pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Bagaimana Membuat Blog Yang Isinya Tentang Diri Sendiri"

  1. nice, tapi bagaimana caranya ka kalau untuk memasukkan iklan seperti pada laman kk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan googling sj mba bagaimana cara memasang iklan pada blog. Terima kasih sdh berkunjung ya.

      Delete
    2. Tentunya harus memiliki akun adsense teh. Ada juga pemasangan iklan non adsense, tapi itu kurang menjanjikan.

      Oh ya mas Indra, pada dasarnya, kenapa yah blog yang berkisah tentang pribadi itu sulit laku? Padahal, beberapa kisah kadang menginspirasi. Apa karna subjek yang dikisahkannya kurang terkenal yah hehehe

      Delete
    3. Karena jaman sekarang anak muda malas membaca. apalagi kalau membaca kisah pribadi orang yang tidak terkenal, rasanya buang-buang waktu. hehe

      Delete