Pengalaman Mengikuti Seleksi Calon Asisten Ombudsman RI Tahun 2016

indrabel.com - Ombudsman Republik Indonesia atau yang biasa disingkat ORI adalah Lembaga negara yang tugasnya melakukan pengawasan terhadap pelayanan publik yang diselenggarakan baik oleh penyelenggara negara, pemerintahan, BUMN, BUMD, serta swasta atau perseorangan yang seluruh atau sebagian dananya berasal dari APBN atau APBD. 


ORI memang tidak terlalu dikenal dimata para pencaker (atau mungkin hanya saya saja) seperti lembaga-lembaga negara lainnya. Tetapi melihat TUPOKSI dari ORI membuat saya begitu tertarik untuk melamar pekerjaan di lembaga ini. 
Tanggal 10 november bulan lalu saya melihat ada pengumuman penerimaan Kepala Perwakilan dan Calon Asisten Tahun 2016. Jangka penerimaan berkas lamaran mulai dari tanggal 9 November sampai 23 November. daftarnya offline alias langsung mengirimkan berkas hardcopy ke kantor pusat ORI di Jakarta. 

Tanggal 27 November malam pukul 19.00 WIB diumumkan melalui web resmi ORI siapa saja yang lolos seleksi administrasi dan berhak untuk mengikuti ujian tertulis (beruntung saja karena lokasi saya sedikit pelamar). Pengumumannya sendiri dibagi menjadi 3 batch dan provinsi saya berada di batch 1.

Tahapan seleksi sesuai Web Resmi Ombudsman RI

1. Tes Tertulis dan Ujian Makalah 
2. Psikotes 
3. Wawancara 

1. Tes Tertulis 
Tanggal 1 Desember 2016 pukul 09.00 Pagi, saya mengikuti ujian tertulis. Ujian tertulis ini ada 75 soal pilihan ganda dengan beberapa jenis kode soal. Jadi urungkan niat anda jika ingin menyontek. Waktu yang diberikan untuk menjawab sekitar 1,5 jam. 

Setelah itu kami diberikan waktu break sebentar lalu selanjutnya ujian makalah. Waktu yang diberikan yaitu 1 jam. Jika ingin lolos pada tahap ini, tentu harus belajar dan mencari materi yang berkaitan dengan ORI. 

Malamnya pada hari yang sama, tepat pukul 21.00, diumumkan siapa saja yang berhak mengikuti tahapan berikutnya. Beruntung nama saya masih ada didaftar pengumuman. Yang lolos tertulis selanjutnya akan mengikuti tahapan Psikotes pada esok hari. 

Peserta psikotes dibagi menjadi 3 batch (jam 08.00, jam 10.00 dan jam 12.00). 

2. Psikotes 
Tanggal 2 Desember 2016 pukul 09.00, saya kembali ke tempat tes kemarin dan mengikuti ujian psikotes. Psikotes ini umum sama seperti psikotes diperusahaan-perusahaan. Psikotesnya meliputi tes kraeplin, tes wartegg, gambar orang, gambar pohon dan masih banyak lagi. Dalam tahap ini yang perlu disiapkan HANYA kondisi tubuh yang baik. Jadi saran saya istirahat yang cukup dan jangan lupa sarapan sebelum berangkat tes. 

Kenapa saya katakan demikian? karena tahap ini tahap yang tidak perlu dibuat-buat. Natural saja apa adanya. semakin dibuat-buat semakin membuat kesempatan anda untuk lolos menjadi kecil. Karena tes ini dimaksudkan untuk melihat kepribadian kita, jadi tidak ada istilah benar atau salah. 

Psikotes selesai sekitar jam 15.00 dan malamnya tidak langsung diumumkan siapa yang lolos, ternyata besoknya masih harus mengikuti FGD (Focus Group Discussion) dan wawancara dengan Pihak ketiga. Psikotes, FGD dan wawancara psikolog merupakan satu rangkaian dalam tahap ini. FGD atau Focus Group Discussion mungkin anda sudah mengetahuinya. kalau belum cari tahu. Kali ini FGD tanpa moderator dan saran saya jangan terlalu mendominasi. biasa-biasa saja tapi kritis. setelah FGD, dilanjutkan wawancara dengan psikolog. Saran saya jawab apa adanya jangan dibuat-buat. Pertanyaan rata-rata hampir sama seperti wawancara HRD diperusahaan-perusahaan. Tanggal 7 Desember 2016 pukul 21.00 diumumkan siapa yang lolos ke tahap berikutnya. Dan nama saya masih ada di daftar itu.

3. Wawancara 
Hari ini Rabu, 14 Desember 2016 saya telah melakukan wawancara dengan salah satu pimpinan Ombudsman RI. Karena berhubung sesuai jadwal wawancaranya tanggal 14 dan 15 Desember, maka kami dibagi menjadi 2 bagian. Hari ini 5 orang besoknya 4 orang. tiap orang mendapat jatah wawancara selama 1 jam. Untuk yang bertanya wawancaranya apa saja yang ditanyakan, Saya juga bingung mau bilang apa karena mengalir begitu saja. Intinya jawaban pertama anda dari pertanyaan pertama yang menjadi penentu arah pertanyaan-pertanyaan berikutnya. Artinya tiap orang berbeda-beda tergantung pimpinan mau bertanya apa. 

Sekian Pengalaman saya mengikuti tes di Ombudsman. Semoga bermanfaat. 

Postingan terkait:

67 Tanggapan untuk "Pengalaman Mengikuti Seleksi Calon Asisten Ombudsman RI Tahun 2016"

  1. Amin. Saya juga lagi menunggu tahap wawancara bro? Kamu provinsi mana? Semoga ketemu di diklat hehe

    ReplyDelete
  2. Amin. Mau nanya mas, bikin makalah topik nya sudah di tentukan atau bagaimana mas? terimakasih.

    ReplyDelete
  3. soal tertulisnya tentang apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya semua yang berkaitan dengan ombudsman gan.

      Delete
  4. Maaf mau tanya, untuk waktu tes tertulis sampai jam brp yah?? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu kami mulai sekitar jam 09.00 pagi. jadi selesainya sekitar jam 10.30 trus break 30 menit sebelum lanjut makalah.

      Delete
    2. Perkiraan selesai untuk makalahnya itu jam brp yah? Setelah makan siang atau sebelum makan siang yah? Apa ada tes lg setelah tes makalah? Terima kasih maaf tanya2 ini krn keadaan saya masih bekerja dan ingin izin stgh hari dan nanti akan kembali lagi ke kantor hehe terima kasih sekali lagi

      Delete
    3. Untuk waktu pastinya jam berapa saya sudah lupa mbak.hehe. yang pasti, selesainya setelah jam makan siang. Tesnya sampai disitu aja, malamnya pengumuman.

      Delete
    4. terimakasih kak bang or mas (terserah deh) atas infonya.. sebenarnya agak2 gimana gtu dgn tes makalahnya krna gak pernah dengar dan mikir jga sih dgn waktu yg dibatasi disuruh buat makalah hehe sekali lagi makasih atas infonya..

      Delete
  5. mas indra mau tanya, untuk tes makalahnya seperti apa? apakah disuruh buat tulisan berdasarkan topik atau apa? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. tes psikotes, fdg dan wawancara dgn pihak ke 3 diumumkan jg atau tidak ? atau langsung tahap interview dgn pimpinan ombudsman?

    ReplyDelete
  8. tes psikotes, fdg dan wawancara dgn pihak ke 3 diumumkan jg atau tidak ? atau langsung tahap interview dgn pimpinan ombudsman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya diumumkan mbak. kalau lolos berhak mengikuti wawancara dengan pimpinan.

      Delete
  9. Saya dari NTB...mkasdnya dalam wawancara itu ada terkait dgn materi UU ombudsman ato hanya sepanjang masih karakteristik kita saja???

    ReplyDelete
  10. Saya dari NTB...mkasdnya dalam wawancara itu ada terkait dgn materi UU ombudsman ato hanya sepanjang masih karakteristik kita saja???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wawancara yang mana? kalau wawancara yang satu rangkaian sama psikotes, hanya ditanyakan ttg kehidupan sehari-hari saja. sedangkan wawancara akhir, tergantung jawaban agan saat menjawab pertanyaan pertama. karena dari jawaban agan, muncul pertanyaan-pertanyaan berikutnya. jadi belum tentu terkait UU.

      Delete
  11. Mengenai tes makalah, topiknya baru kt dpt wkt tes kn mas?
    Lalu dgn wkt yg singkat itu kapan wkt kita mencari reverensinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan. Tp sebenarnya lebih ke kasus sih. Jd tdk perlu pakai referensi sprti format makalah pada umumnya.

      Delete
  12. Mas mau tanya, FGD bahas soal apa ya?

    ReplyDelete
  13. Contoh topiknya mas? Utk gambaran

    ReplyDelete
  14. Mas, tes tertulisnya pakai baju apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar aman, pakai baju kemeja berkerah dan celana kain.

      Delete
  15. mas...bisa di contohin topik yg i kasih pas ujian makalah mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya lebih tepatnya ujian essay gan. tentang ombudsman tentunya.

      Delete
  16. mas tes tertulis yg 75 soal itu cuma seputar Ombudsman atau ada pertanyaan umum???

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan mau nanya pilgan nya tentang ombudsman semua atau ada tes logika, matematika, dan bahasa?
      terimakasih

      Delete
    2. Klo tertulis Ombudsman semua mbak..klo tes logika dll, tdk msuk.

      Delete
  17. terima kasih infonya, ini sangat bermanfaat......

    ReplyDelete
  18. Assalamu'alaikum Mas Indrabel2... terima kasih utk infonya. Saya in sya Allah senin ini tes tertulis CA Sumsel. kalau boleh tau mas Indrabel2 ikut tes CA Provinsi mana n siapa nama aslinya,?

    ReplyDelete
  19. terima kasih info yg sangat bermanfaat ini mas. kebetulan hari senin saya ikut tes yg di wilayah sumatera.

    ReplyDelete
  20. ass mas, mau nanya ujian tertulisnya kayak apa mas? kayak UN yang dibulat2 atau gmna?

    ReplyDelete
  21. mau nanya mas indra, tes tertulis nya kira2 tt9 apa saja ya, mohon 9ambaran y9 lebih spesifik ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelajari uu 37 tahun 2008 ttg ombudsman ri, uu 25 tahun 2009 ttg pelayanan publik dan smua informasi yg ada di web resmi ombudsman..

      Delete
  22. kalau ujian makalah itu bagaimana ya? mhon pencerahan nya, itu di hari yang sama ya dengan tes tertullis

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya lebih tepatnya di sebut soal essay. iya dihari yang sama.

      Delete
  23. Sblumnya makasih y infonya,mw tnya ni mas pas tes tulis,psiko gak mesti pke bju hitam putih kan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, asal rapi. kalau bisa baju kemeja berkerah dan celana kain.

      Delete
  24. Trmaksih mas infonya sangat manfaat..semoga Allah membalas kesuksesan untk mas dan keberkahan dalam tiap langkahnya..sy mau nanya untk ujian makalah itu kt jawab nya hanya seperti jawaban essay kan atau harus dilengkapi bab pendahuluan..pembahasan dan penutup..trims..wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. Iya, tdk pakai bab 1,2 dst sprti format makalah pada umumnya yg pakai referensi juga.

      Delete
  25. permisi bang mau tanya, UU di ombusdman sangat banyak apa kmrn soal yg keluar semua UU atau hanya UU No 25 tahun 2009 dan UU No 37 tahun 2008 aja ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kedua itu wajib dipelajari tp bukan brrti hanya dua UU itu saja. Baca2 jg peraturan lainnya dan informasi update mengenai ombudsman.

      Delete
  26. Mas indra.. mohon dong rekomendasi uu yang harus saya pelajari untuk tes tertulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. UU 37 tahun 2008 sm UU 25 tahun 2009 mnurut saya wajib. Tp bukan brrarti yang lainnya tidak. Intinya semua yg berkaitan dgn ombudsman.

      Delete
  27. gan, mau tanya doang klw buat ujian makalah formatnya seperti apa, apa menggunakan pendahuluan, tujuan, rumusan masalah, isi, kesimpulan bla2, atau format essay saja. mohon balesan gan..,,pagi besok saya test...tolong..tolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tdk pakai format makalah sprti pada umumnya. Lebih ke essay sebenarnya. Sukses gan

      Delete
  28. Makasi infonya sangat bermanfaat, insya allah Aceh bsok ujian prtama.sukses buat kita semua

    ReplyDelete
  29. Wah. Berguna sekali. Besok insha Allah saya jg tes tertulis CA ORI Babel

    ReplyDelete
  30. alhamdulillah test tadi berjalan dengan lancar..mohon doanya....

    sekalian tanya mas indra... psikotes itu yang jalas ngapain aja apa yg harus kita pelajari ya trmkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut sy pribadi, klo psikotes tdk perlu belajar. Hehe. Cukup istrhat dan sarapan pagi sj sdh bs mngerjakan dgn baik.

      Delete
  31. Maaf mau tnya fgd sama wawancara mulainya dari jam brapa sampai jam brpa yah? Lama gak

    ReplyDelete
  32. besok pengumuman akhir untuk semua provinsi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pengumuman sesuai jadwal tanggal 12 Januari hari ini.

      Delete
  33. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Psikotest.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Psikotest yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Psikotest

    ReplyDelete
  34. Mantap indrabel, trimakasih sdh share pengalamannya...

    ReplyDelete