Laptop Acer Mati Ketika Startup Windows

indrabel.com - Apakah anda mengalami laptop mati total tiba-tiba ketika dinyalakan dan belum sempat masuk sampai di desktop windows? Hal ini terjadi pada Laptop Acer 4736Z saya yang selalu gagal ketika hendak dinyalakan dan mati sendiri saat loading windows. Awalnya saya berpikir windowsnya yang bermasalah sehingga saya memutuskan untuk melakukan install ulang. Akan tetapi ternyata hasilnya tidak berubah. Kemudian saya berasumsi bahwa terjadi masalah di settingan biosnya (bios tetap dapat diakses). 

Setelah di utak atik tetap tidak ada perubahan. Asumsi terakhir saya, penyebabnya adalah baterai laptop yang tidak kuat ngangkat krn kebetulan baterai memang sudah bocor dan harus direplace. Jadi selama menggunakan laptop, harus di charge terus. sempat saya mencoba menggunakan charge laptop lain tetapi hasilnya sama saja.

Akhirnya setelah browsing di youtube, saya melihat video seseorang yang mengganti IC NEC TOKIN pada laptop yang sama dengan milik saya. awalnya saya kurang paham apa itu Nectokin. dan saya memutuskan untuk pergi ketempat service laptop dengan percaya diri meminta menggantinya walaupun saya tidak tahu dan tidak yakin penyebabnya karena Ic Nec Tokin ini. Setelah berbicara dengan teknisinya ternyata memang benar itu penyebabnya dan sudah banyak pelanggannya yang mempunyai masalah serupa.
Teknisinya menggunakan Kapasitor Tantalum sebagai pengganti Nectokin. Menurut di video tersebut seharusnya tantalum 330uF dipasang sebanyak 4 buah. Entah kenapa teknisi tempat saya memperbaiki hanya menggunakan 3 buah (mungkin biar irit). Yang jelas laptop saya berhasil nyala kembali setelah 3 tahun tidak saya gunakan. Biaya yang saya keluarkan yaitu Rp 250.000 saja.

Berikut saya cantumkan salah satu video yang saya ambil dari Youtube. Barangkali dapat membantu anda dalam mengganti sparepartnya sendiri. Sekian dan selamat mencoba.

Apakah anda mempunyai pengalaman yang berbeda? Bagikan pada kolom komentar dibawah ini.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Laptop Acer Mati Ketika Startup Windows"

  1. The good news is that Acer is a globally known company and has many of its branches in many other countries.Click Here

    ReplyDelete